A. Kelas VII
Alokasi waktu: 5jam pelajaran/minggu
Alokasi waktu: 5jam pelajaran/minggu
- KompetensiSikap Spiritual dan Kompetensi Sikap sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung(indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku | · Pengukuran · Besaran Pokok dan turunan · Satuan baku dan tak baku | · Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, panjang rambut, berat (massa) badan · Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan,dan laju pertumbuhan tanaman. · Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku · Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
3.2 Mengklasifikas ikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati 4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati | Klasifikasi · Makhluk hidup dan benda tak hidup · Ciri-ciri makhluk hidup · Klasifikasi makhluk hidup · Pengenalan mikroskop | · Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok- kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar · Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia · Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
3.3 Menjelaskankonsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari- hari 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran | Zat dan Karakteristiknya · Zat Padat, Cair, dan Gas · Unsur, Senyawa, dan Campuran · Sifat fisika dan kimia · Perubahan fisika dan kimia | · Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, dan makanan menjadi basi · Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran · Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami · Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman · Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dengan teman |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya | Suhu dan Kalor · Suhu · Alat pengukur suhu | · Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor |
16
dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor | · Pemuaian · Kalor · Perpindahan kalor · Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari | · Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas · Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari · Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
3.5 Menganalisiskonse p energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari- hari termasuk fotosintesis 4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis | Energi · Bentuk-bentuk energi · Sumber energi · Perubahan bentuk energi · Transformasi energi dalam sel · Fotosintesis · Respirasi | · Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari- hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi · Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan · Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan · Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan teman |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel | Sistem Organisasi Kehidupan · Sel · Jaringan · Organ · Sistem organ | · Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal · Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik |
17
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan | · Organisme | dan makroskopik · Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut 4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya | Ekosistem · Komponen abiotik dan biotik · Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan · Rantai makanan · Jaring-jaring makanan · Bentuk simbiosis · Dinamika populasi | · Mengamati ekosistem buatan, misalnya akuarium/kolam ikan/terrarium cacing difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya · Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring- jaring makanan, dan simbiosis · Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan · Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusikannya dengan teman. |
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan | Pencemaran Lingkungan · Pencemaran udara · Pencemaran air · Pencemaran tanah · Dampak pencemaran bagi ekosistem | · Mengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar · Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah serta mengajukan penyelesaian masalahnya · Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar |
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem 4.9 Membuat tulisan tentang gagasan | Perubahan Iklim · Pemanasan global · Penyebab terjadinya | · Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim · Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi |
18
adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim | perubahan iklim · Dampak perubahan iklimbagi ekosistem | ekosistem · Melakukan percobaan pengaruh peningkatan suhu dan CO2 dengan menggunakan model/ dome efek rumah kaca · Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya |
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya 4.10 Mengomunikasi an upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya | Lapisan Bumi dan Bencana · Lapisan bumi · Gunung api · Gempa bumi dan tsunami · Tindakan tanggap bencana | · Mengamati tayangan atau model lapisan bumi · Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami · Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi · Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi 4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di | Tata Surya · Sistem tata surya · Karakteristik anggota tata surya · Matahari sebagai bintang · Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di | · Mengamati model sistem tata surya · Mendiskusikan orbit planet · Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan · Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana · Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan |
19
bumi,
berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
bumi
· Gerhana bulan dan matahari
· Terjadinya pasang surut air laut
matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
· Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
B. Kelas VIII
Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu
KompetensiSikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhandan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat dignakan sebagaipertimbangan guru dalam mengembangkan karaktersiswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak 4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia | Sistem Gerak pada Manusia · Struktur dan fungsi rangka · Struktur dan fungsi sendi · Struktur dan fungsi otot · Mekanisme kerja otot · Gangguan pada sistem gerak · Upaya menjaga kesehatan sistem gerak | · Mengamati struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia · Melakukan percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan otot · Mengidentifikasi gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya · Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya |
20
dengan teman | ||
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup 4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda | Gerak dan Gaya · Gerak pada benda (GLB dan GLBB) · Kecepatan dan percepatan · Hukum Newton tentang gerak · Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda | · Melakukan percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan · Melakukan percobaan mengukur kecepatan dan percepatan · Melakukan percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam kehidupan sehari-hari · Melaporkan/memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk tulisan · Mengamati dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam |
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah | Pesawat Sederhana · Kerja(Usaha) · Jenis pesawat sederhana · Mekanisme kerja pesawat sederhana · Keuntungan mekanik · Prinsip kerja pesawat | · Mengamati cara kerja pesawat sederhana baik secara langsung maupun melalui gambar dan video · Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring · Melakukan percobaan dan mengidentifikasi mekanisme kerjapesawat sederhana serta |
21
tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari | sederhana pada otot dan rangka manusia | hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia · Melaporkan/memaparkan hasil penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan 4.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan | Struktur dan Fungsi Tumbuhan · Struktur dan fungsi akar, batang, dan daun · Struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji · Struktur dan fungsi jaringan · Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan | · Mengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan · Melaporkan/ memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur jaringan · Menyusun rencana dan melakukan percobaan untuk teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhanberdasarkan hasil pengamatan terhadap struktur dan fungsi tumbuhan · Melaporkan hasil pengamatan teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan mendiskusikannya dengan teman |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan 4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi | Sistem Pencernaan pada manusia · Zat makanan · Uji bahan makanan · Organ pencernaan · Enzim pencernaan · Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan · Upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan | · Mengamati berbagai bahan makanan · Melakukan pengujian kandungan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak, dan protein · Mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh · Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi · Mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan · Menyimpulkan, melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan |
22
mendiskusikannya dengan teman | ||
3.6 Menjelaskanberbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan 4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan | Zat Aditif dan Zat Adiktif · Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman · Jenis zat adiktif · Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan | · Mengamati bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan berita penyalahgunaan zat adiktif · Mengidentifikasi zat-zat aditif yang terdapat pada makanan melalui percobaan · Mengidentifikasi zat adiktif serta penyalahgunaannya dalam kehidupan sehari-hari · Menyimpulkan dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis zat aditif dan adiktif serta penyalahgunaannya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman |
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah 4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi pada frekuensi denyut jantung | Sistem Peredaran Darah · Komponen darah · Organ peredaran darah · Jenis peredaran darah · Penyakit pada sistem peredaran darah · Upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah | · Mengamati modelsistem peredaran darah · Mengidentifikasi komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah · Melakukan penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) dengan frekuensi denyut jantung |
3.8 Menjelaskantekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan 4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, | Tekanan Zat · Tekanan zat padat, cair, dan gas · Tekanan darah · Osmosis · Gaya apung · Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan | · Mengamati berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair dan gas serta tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan · Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan peristiwa kapilaritas · Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, |
23
gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan | cair, dan gas serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya · Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas dalam bentuk peta konsep dan mendiskusikannya dengan teman | |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasanserta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan 4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan | Sistem Pernapasan · Organ pernapasan · Mekanisme pernapasan · Gangguan pada sistem pernapasan · Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan | · Mengamati model sistem pernapasan · Mengidentifikasi organ pernapasan, mekanisme pernapasan, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem pernapasan · Menuliskan laporan dan memaparkan hasil identifikasi organ, mekanisme sistem pernapasan dan penyakit serta upaya menjaga kesehatan · Mengumpulkan informasi tentang bahaya merokok bagi kesehatan · Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan |
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi 4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri | Sistem Ekskresi · Organ-organ penyusun sistem ekskresi · Struktur dan fungsi sistem ekskresi · Gangguan pada sistem ekskresi · Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi | · Mengamati tayangan/model sistem ekskresi · Mengidentifikasi struktur dan fungsi, gangguan dan upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi · Membuat karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya dengan teman |
24
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan sehari- hari termasuksistem pendengaran manusia dansistem sonar pada hewan 4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi | Getaran, Gelombang, dan Bunyi · Getaran · Gelombang · Bunyi · Sistem pendengaran pada manusia · Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari · Sistem sonar pada hewan | · Mengamati fenomena getaran pada bandul ayunan, gelombang pada tali/slinki serta bunyi dari berbagai sumber bunyi · Mengamati mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan · Melakukan percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi getaran bandul ayunan · Melakukan percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang · Mengidentifikasi bagian- bagian sistem pendengaran untuk mengetahui mekanisme mendengar pada manusia · Melakukan percobaan frekuensi bunyi dan resonansi untuk menjelaskan sistem sonar pada hewan · Menyajikan hasil percobaan dan identifikasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
3.12 Menganalisis sifat- sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik 4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa | Cahaya · Sifat-sifat cahaya · Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa · Penglihatan manusia · Proses pembentukan bayangan pada mata serangga · Alat optik | · Melakukan pengamatan fenomena serta mendiskusikannya terkait dengan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pelangi, jalan aspal nampak berair, sedotan yang terlihat patah di dalam gelas berisi air · Mengamati bayangan pada cermin dan lensa. · Mengamati mekanisme cara kerja mata manusia dan mata serangga serta mengidentifikasi kesamaannya dengan alat-alat optik seperti lup, kamera, dan mikroskop · Melakukan percobaan untuk menyelidiki pembentukan bayangan pada cermin dan |
25
lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis- jenis alat optik
· Memaparkan hasil percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensaserta mengidentifikasi bagian-
bagian mata dan jenis-jenis alat optik dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
C. Kelas IX
Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhandan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjangproses pembelajaran berlangsung, dan dapatdignakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi | Sistem Reproduksi Pada Manusia · Pembelahan sel · Sistem reproduksi manusia · Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi · Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | · Mengamati gambar/carta pembelahan sel · Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan meiosis · Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya · Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis) dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi · Mengidentifikasi tahapan- tahapan menstruasi · Menjelaskan fertilisasi dan perkembangan embrio · Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan penyakit |
26
pada sistem reproduksi · Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi | ||
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan 4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan | Sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan · Reproduksi pada tumbuhan · Teknologi reproduksi pada tumbuhan · Reproduksi pada hewan · Teknologi reproduksi pada hewan | · Menjelaskan reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan · Mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan prinsip teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan · Menyajikan hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan | Pewarisan sifat · Materi genetik · Hukum pewarisan sifat · Pewarisan sifat pada manusia · Kelainan sifat menurun pada manusia · Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup · Adaptasi dan seleksi alam | · Mengamati karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman · Mengidentifikasi struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetik · Melakukan praktik pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan seleksi alam seperti: bunglon yang beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain · Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, | Listrik Statis · Interaksi antara muatan listrik | · Mengamati interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan kertas yang ditarik |
27
termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik 4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari | · Gaya listrik · Potensial listrik · Kelistrikan pada sistem saraf · Hewan yang mengandung listrik | oleh penggaris plastik · Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi (gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak · Menyelidiki peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep potensial listrik · Mengidentifikasi kelistrikan pada sistem saraf serta hewan- hewan penghasil listrik · Menyajikan hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik 4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik | Rangkaian Listrik · Arus listrik · Hukum Ohm · Hukum I Kirchhoff · Rangkaian listrik · Sumber energi listrik · Energi dan daya listrik · Penghematan energi listrik · Sumber energi listrik alternatif | · Mengamati berbagai peralatan listrik serta nyala lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah · Melakukan percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel · Mengidentifikasi sumber- sumber energi listrik, faktor- faktor yang memengaruhi besarnya energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka penghematan energi listrik · Mengidentifikasi jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan · Menyajikan hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi | Kemagnetan | · Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk |
28
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi 4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/ atau induksi elektromagnetik | · Sifat magnet · Cara membuat magnet · Kemagnetan bumi · Induksi elektromagnetik · Transformator · Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan · Pergerakannaviga si hewan yang memanfaatkan medan magnet | yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik · Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat danpembuatan magnet · Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpul-kan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan · Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/ navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi · Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia 4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar | Bioteknologi dan Produksi Pangan · Prinsip dasar bioteknologi · Bioteknologi konvensional · Bioteknologi modern · Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia | · Mengamati berbagai produk bioteknologi konvensional misalnya tempe, kecap, tape, nata de coco, dll · Membedakan prinsip bioteknologi konvensional dan modern · Melakukan percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat tape, tempe, atau yoghurt · Mengumpulkan informasi tentang penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia dan mendiskusikan hasilnya dengan teman |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi, (atom ion, dan molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang | Sifat Bahan · Atom, ion, dan molekul · Sifat bahan | · Mengamati model atom serta berbagai macam bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam · Mengidentifikasi bagian- |
29
digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia 4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari | · Pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari- hari · Pengaruh bahan berbahaya terhadap kesehatan | bagian atom serta sifat-sifat fisik bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam melalui penyelidikan · Mengidentifikasi pemanfaatan bahan dalam kehidupansehari- hari serta pengaruh bahan tertentu terhadap kesehatan manusia · Menyajikan karya ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan 4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan | Tanah dan Kehidupan · Sifat fisika dan kimia tanah · Peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan · Peranan organisme dalam tanah · Proses pembentukan tanah · Komponen penyusun tanah | · Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan serta komponen-komponen tanah yang ada di lingkungan sekitar · Melakukan percobaan tentang peranan tanah bagi kehidupan serta mengidentifikasi peran organisme yang ada di permukaan dan dalam tanah · Mengumpulkan informasi mengenai proses pembentukan tanah serta mengidentifikasi komponen penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah melalui percobaan · Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi kehidupan dan mendiskusi- kannya dengan teman |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan 4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan | Proses dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan · Teknologi ramah lingkungan · Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan · Teknologi tidak ramah lingkungan | · Mengamati tayangan penggunaan biogas, sel surya, mobil listrik, atau aplikasi teknologi ramah lingkungan yang lain · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya · Menganalisis dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam · Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan |
30
mendiskusikannya dengan teman
I. MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN A. KelasVII
Alokasi Waktu: 5 JP
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku | · Pengukuran · Besaran Pokok dan turunan · Satuan baku dan tak baku | · Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, panjang rambut, berat (massa) badan · Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku yang digunakan masyarakat setempat,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan,dan laju pertumbuhan tanaman. · Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku · Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman | · Penilaian pengetahuan pilihan ganda tentang satuan baku dan tidak baku · Penilaian keterampilan: unjuk kerja mengukur panjang, berat dan waktu · Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis · Tugas : Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari |
Kelas VIII
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak 4.1 Menyajikan karyatentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia | Sistem Gerak pada Manusia · Struktur dan fungsi rangka · Struktur dan fungsi sendi · Struktur dan fungsi otot · Mekanisme kerja otot · Gangguan pada sistem gerak · Upaya menjaga kesehatan sistem gerak | · Mengamati struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia · Melakukan percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan otot · Mengidentifi-kasi gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya · Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya dalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan teman | · Penilaian pengetahuan pilihan ganda tentang sistem gerak pada manusia · Penilaian keterampilan: unjuk kerja dalam melakukan percobaan · Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis |
Kelas IX
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Menghubungka n sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | Sistem Reproduksi Pada Manusia · Pembelahan sel · Sistem reproduksi manusia · Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi · Pola hidup yang | · Mengamati gambar/carta pembelahan sel · Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan meiosis · Mengidentifikasi organ- organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya · Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan sel | · Penilaian pengetahuan pilihan ganda tentang sistem reproduksi · Penilaian keterampilan : portofolio berupa laporan tertulis |
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi | menunjang kesehatan reproduksi | sperma (spermato- genesis) dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi · Mengidentifikasitahapan- tahapan menstruasi · Menjelaskan fertilisasi dan perkembangan embrio · Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi · Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi |
No comments:
Post a Comment