SILABUS BAHASA INDONESIA 2017




Kompetensi  Dasar


Materi Pokok


Pembelajaran

3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1    Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca

Teks deskripsi
         Pengertian teks deskripsi
         Isi teks deskripsi
     Ciri umum teks deskripsi
         Struktur teks deskripsi
          Kaidah kebahasaan

      Mengamati model-model teks deskripsi
      Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
      Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya
      Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya
      Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya

3.2    Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.2    Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis

     Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya
     Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh- contoh telaahannya
     Prosedur/langkah menulis teks deskripsi
     Teknik penyuntingan teks deskripsi

     Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi
      Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah- kaidah kebahasaannya
      Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan
      Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman

3.3    Mengidentifikasi unsur- unsur teks narasi (cerita

     Pengertian dan contoh- contoh teks narasi (cerita

      Mengamati model-model teks narasi



fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3    Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca
fantasi)
     Unsur-unsur teks cerita narasi
         Struktur teks narasi
     Kaidah kebahasaan teks narasi
     Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
     Penceritaan kembali isi teks narasi
      Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat
langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi
      Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi
      Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/jenis cerita fantasi,
struktur cerita fantasi
      Menceritakan kembali dengan cara naratif

3.4    Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4    Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa

     Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
     Kebahasaan teks cerita fantasi
     Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi
         Ejaan dan tanda baca
     Langkah-langkah menulis cerita fantasi

      Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
      Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ejaan
      Mengurutkan bagian-bagian cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
    Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan karya

3.5    Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5    Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar

Teks prosedur
     Ciri umum teks prosedur
     Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah,
         Ciri kebahasaan:
kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga,
sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya, dll)
     Simpulan isi teks prosedur

      Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
      Mendaftar kalimat yang menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah
      Mendiskusikan ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, struktur, ragam/jenis teks prosedur, kata/kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur
      Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/jenis teks prosedur

3.6    Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan

    Variasi pola penyajian tujuan, bahan/alat

      Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian tujuan, bahan dan

10



sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.6    Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
langkah

    Variasi kalimat perintah/saran/larangan
    Prinsip penyusunan kalimat perintah
    Pilihan kata dalam penyusunan teks prosedur
    Prinsip penggunaan kata/kalimat/tanda baca dan ejaan
alat, langkah teks prosedur
      Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
    Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/kalimat/paragraf dan penggunaan tanda baca/ejaan
    Memublikasikan teks prosedur yang dibuat

3.7    Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7    Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar

Teks laporan hasil observasi
    Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)
    Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi
         Ciri umum laporan

      Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan observasi.
    Merinci isi teks LHO (bagian definisi/klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)
      Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO
     Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi

3.8    Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi   teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.8    Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan

         Struktur teks LHO
    Variasi pola penyajian teks LHO
    Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO

      Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
      Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian
      Merangkum teks LHO
      Mempresentasikan teks LHO
yang ditulis

3.9    Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.9    Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis

Puisi rakyat
    Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)

    Cara menyimpulkan isi pada pantun, gurindam, dan syair

      Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
      Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan, kalimat majemuk dan kalimat tunggal dalam puisi
rakyat (pantun, gurindam, syair)
      Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi, ragam/jenis puisi rakyat, kata/kalimat yang digunakan pada puisi rakya (pantun, gurindam, syair)

3.10   Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat

         Pola pengembangan isi

      Menyimpulkan prinsip

11



(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.10   Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa
pantun, gurindam, dan syair
     Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
pengembangan pantun,
gurindam, dan syair, penggunaan konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll) pada  pantun, gurindam, dan syair
     Memvariasikan, melengkapai isi, menurutkan, dan menulis
pantun, gurindam, dan syair
     Mendemonstrasikan berbalas pantun secara berkelompok

3. 11   Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4. 11  Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat

Fabel/legenda
         Ciri cerita fabel/legenda
    Langkah memahami isi cerita fabel
    Langkah menceritakan kembali isi fabel/legenda

      Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat
      Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi,  kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/legenda
      Berlatih menceritakan isi fabel/legenda yang dibaca
     Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca

3.12   Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4.12   Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

    Struktur teks fabel/legenda:
1. orientasi
2. komplikasi
3. resolusi
4. koda
    Teknik penggambaran tokoh
     Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat

      Mendiskusikan struktur teks fabel/legenda dan kebahasaan yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola pengembangan)
      Mendata isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi, dialog, penyajian latar agar cerita
menjadi lebih menarik
      Menulis fabel/legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
     Memerankan dan menceritakan fabel/legenda yang berasal dari daerah setempat

3.13   Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4. 13   Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

Surat pribadi dan surat dinas
     Informasi isi surat pribadi, surat dinas
     Isi surat pribadi dan dinas
     Simpulan isi surat pribadi dan dinas

      Mendata isi surat pribadi dan surat dinas
      Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas
      Menyimpulkan isi  surat pribadi dan surat dinas

3.14   Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat
pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4. 14   Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan

    Unsur-unsur surat pribadi dan dinas
    Kebahasaan surat priadi dan dinas
    Cara menulis surat pribadi dan dinas

     Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas
     Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas


12



resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi

     Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan
     Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas

3.15   Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15   Membuat peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca

Literasi buku fiksi dan nonfiksi
         Unsur-unsur buku
     Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu
1) Survey atau meninjau,
2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca,
4) Recite atau menuturkan,
5) Review atau mengulang
     Cara membuat rangkuman

         Mendata sub-bab buku
         Membaca garis besar isi subbab
     Menentukan gagasan pokok isi buku
         Membuat peta pikiran isi buku
     Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang dibaca

3.16   Menelaah hubungan unsur- unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16   Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

    Hubungan antarunsur buku

    Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

     Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku
     Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan
     Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca

3.16   Menelaah hubungan unsur- unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16   Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

    Hubungan antarunsur buku
    Contoh penyusunan tanggapan
    Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

     Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan
bagian-bagian buku fiksi
     Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan
     Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca
     Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca


  
B.   Kelas VIII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu

Kompetensi   Sikap Spiritualdan Kompetensi Sikap Sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan  melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalam  mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

3.1     Mengidentifikasi unsur- unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1     Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

      Pengertian teks berita
      Unsur-unsur berita
(5 W + 1H)
      Ringkasan dan penyimpulan berita
      Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
      Tanggapan terhadap isi berita

     Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
     Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
     Mendiskusikan langkah- langkah menentukan pokok- pokok/unsur-unsur berita
     Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur- unsur teks berita yang dibaca
         Menanggapi berita

3.2     Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang
didengar dan dibaca berita
4.2     Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik)

         Struktur teks berita
-  Kepala berita (lead)
-  Tubuh berita
-  Ekor berita
    Kaidah-kaidah  kebahasaan teks berita
    Bahasa baku dan tidak baku
(pengayaan)

     Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita
     Mendata objek dari berbagai sumber tentang berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita
     Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya
     Membacakan teks berita yang ditulis

3.3     Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan

Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster
Penyimpulan maksud suatu iklan

    Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster
   Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster

14



didengar
4.3     Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
Menceritakan kembali iklan
   Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster
    Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster

3.4     Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4     Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis

Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
Cara menyusun teks iklan, slogan, poster

     Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/disaksikan
     Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster
     Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster
     Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
     Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi

3.5     Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca
4.5     Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca

      Pengertian teks eksposisi
    Unsur-unsur teks eksposisi:
gagasan dan fakta-fakta
    Pola-pola pengembangan teks eksposisi
    Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya
    Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi

      Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya
      Mendata dan merumuskan
unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya
      Mengakaji  hubungan bagian- bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi
    Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi
    Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi

3.6     Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6     Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa
yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan

         Struktur teks eksposisi
         Kaidah  teks ekposisi
     Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
         Menyanting teks eksposisi

     Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi
     Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis
         Menulis teks eksposisi
     Mempresentasikan teks eksposisi




3.7     Mengidentifikasi unsur- unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca

4.7     Menyimpulkan unsur- unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca

    Pengertian teks puisi
    Unsur-unsur pembentuk  teks puisi
    Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya
    Periodesasi puisi
(Pengayaan)

      Mengamati model-model teks puisi
      Merumuskan pengertiaan puisi
      Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca
      Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenis- jenisnya
      Mempresentasikan hasil diskusi

3.8     Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
4.8    Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun puisi

     Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.
     Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis
     Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)

      Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi
      Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi
      Menulis puisi berdasarkan konteks
      Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinya

3.9     Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis
4.9     Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam sumber yang didengar dan dibaca

         Pengertian teks eksplanasi
     Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/struktur teks eksplanasi
     Gagasan umum dalam teks eksplanasi
     Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya

     Mengamati suatu model teks eksplanasi
     Menyimpulkan pengertian, ciri- ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi
     Mendata gagasan umum dam teks eksplanasi
         Meringkas isi teks eksplanasi
     Memajang ringkasan teks eksplanasi

3.10   Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau dibaca
4.10   Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan

         Ragam isi teks eksplanasi
         Struktur teks eksplanasi
         Kaidah teks eksplanasi
     Pola-pola pengembangan teks eksplanasi

     Mengamati model-model teks eksplanasi
     Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi
     Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi
     Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola  yang telah dirancang
     Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya

3.11   Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas
karya (film, cerpen, puisi,

         Pengertian teks ulasan
     Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
         Maksud/arti penting teks

     Mengamati suatu model teks ulasan
     Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks


novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11   Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
ulasan
     Kelebihan/kelemahan dalam teks ulasan.
ulasan
         Mendiskusikan maksud dan
cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
     Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan
     Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifikasi

3.12   Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan
dibaca
4.12   Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan

         Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran                     3. rangkuman
4. evaluasi
     Kaidah kebahasaan teks ulasan
         Cara menulis teks ulasan

     Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda
     Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan
     Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur,
kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda
     Memajang teks ulasan untuk dikomentari siswa lain (perorangan/kelompok)

3.13   Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13   Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

    Pengertian dan is teks persuasi
    Ajakan-ajakan dalam teks persuasi
 Langkah-langkah penyusunan kesimpulan

     Mengamati model-model teks persuasi
     Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/dibaca dan cara menyajikan ulang isinya
     Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
     Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi

3. 14   Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran,
ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber

    Struktur dan unsur kebahasa- an teks persuasi
    Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
     Cara menyajikan teks persuasi
         Penyiapan bujukan/ajakan
     Memper-hatikan struktur/kaidah teks ulasan

     Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
     Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi
     Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan


yang didengar dan dibaca
4.14    Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan,
dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan

memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan
     Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
     Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

3.15   Mengidentifikasi unsur- unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15   Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar

      Pengertian/
karakteris-tik  teks drama
      Unsur-unsur  teks drama
      Penjelasan isi drama
      Tanggapan atas drama

     Memperhatikan suatu model teks drama
     Merumuskan pengertian/karakteristik drama
     Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
         Mengidentifikasi isi drama
     Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan/atau tulis isi drama yang ditonton

3.16   Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
4.16   Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah

     Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
     Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal
     Langkah-langkah pementasan drama

     Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
     Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
         Menulis teks drama
    Mementaskan drama secara berkelompok

3.17   Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17   Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

Literasi buku fiksi dan non fiksi
    Keragaman informasi dalam buku fiksi/nonfiksi
     Informasi buku melalui indeks
         Catatan tentang isi buku
         Teknik-teknik membaca

     Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan nonfiksi
     Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
     Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi

3.18   Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18   Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis

      Ungkapan dalam buku fiksi
      Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
      Daya tarik bacaan
      Mendiskusi-kan isi buku.

      Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi
      Membuat tanggapan terhadap buku fiksi
      Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi
      Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi


 C.   Kelas IX
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu

Kompetensi   Sikap Spiritualdan Kompetensi Sikap Sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan  melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran  serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalam  mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

3.1     Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1     Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

      Fungsi teks laporan
      Pengertian teks laporan
      Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

      Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
      Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
      Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
      Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

3.2     Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2     Menyajikan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data,
struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

      Struktur teks laporan
      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
      Model teks laporan percobaan

    Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
        Mendiskusikan komponen teks
laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
    Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

3.3     Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang

      Teks pidato persuasif

    Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam

      Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
      Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu


didengar dan dibaca
4.3     Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
pidato
      Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

3.4     Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4     Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

      Struktur teks (pidato persuasif)
      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif,  kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan
      Model teks pidato persuasif

     Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif
     Menyimpulkan ciri kebahasaan teks pidato persuasif
      Menyusun teks pidato persuasif
     Menyajikan pidato persuasif secara menarik

3.5     Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.5     Menyimpulkan unsur- unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar

      Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
      Model teks narasi
(cerpen)

    Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
    Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek
    Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

3.6     Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.6     Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

      Struktur teks narasi
(cerpen)
      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
      Model teks narasi cerpen

    Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
    Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
    Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

3.7     Mengidentifikasi informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
4.7     Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

      Fungsi teks tanggapan
      Model teks tanggapan
      Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian

    Mendata informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
      Menanggapi  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasional, dll)
      Menyimpulkan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu



3.8     Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca
4.8     Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

      Struktur teks tanggapan
      Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian
      Model teks tanggapan (puji, kritik)

      Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan
      Merancang teks tanggapan
      Menulis teks tanggapan (puji, kritik)

3.9     Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
4 .9    Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca

Fungi teks diskusi
Contoh Teks Diskusi
Simpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi

    Mendata informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
    Menjelaskan dan menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi


3.10   Menelaah pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan
permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
4.10   Menyajikan gagasan/penda-pat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek  kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gestur, pelafalan)

 Struktur teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan utama; Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang; Gagasan utama—sudut pandang lain;
Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain;

 Kebahasaan: Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotif

      Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi
    Menulis teks diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan
    Melakukan diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual

3.11   Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
4.11   Menyimpulkan isi ungkapan simpati,

      Fungsi teks narasi
      Model teks narasi cerita inspiratif
      Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam

    Mendata isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
     Menanggapi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan alasan yang logis

kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk  cerita inspiratif yang dibaca dan didengar
bentuk cerita inspiratif
     Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif

3.12   menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif
4.12   Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan

      Struktur teks narasi
      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
      Model teks narasi cerita inspiratif

     Menyimpulkan struktur dan kebahasaan teks narasi cerita inspiratif
     Membuat rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan
     Menulis cerita inspiratif  berdasarkan rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
     Memublikasikan hasil karya cerita inspiratif

3.13   Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.13   Membuat peta pikiran/rangku-man alur tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca

Literasi buku fiksi dan nonfiksi
         Unsur-unsur buku
    Cara membaca buku dengan SQ3R
    Cara membuat rangkuman

     Mendata subbab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku
     Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita
     Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

3.14   Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.14   Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

    Hubungan antarunsur buku
    Contoh penyusunan tanggapan
    Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

     Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi
     Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan
     Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca
     Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca



 III.       MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN

A.  KelasVII

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu                       : 6 jam/minggu


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Penilaian
3.1   Mengidentifikasi informasi       dalam teks        deskripsi tentang         objek (sekolah,    tempat wisata,       tempat bersejarah,     dan atau          suasana pentas            seni daerah)         yang didengar        dan dibaca.

4.1 Menentukan  isi teks deskripsi     objek (tempat wisata,tempat
berse-jarah, suasana       pentas seni   daerah,   dll) yang didengar dan dibaca.
Teks  deskripsi
Pengertian        teks deskripsi
 Isi teks deskripsi
Ciri   umum   teks deskripsi
Struktur            teks deskripsi
Kaidah kebahasaan (kata umum, kata khusus,        makna denotasi   konotasi, kata sifat,)
Mengamati    model- model teks deskripsi.
      Merumuskan pengertian            dan menjelaskan   isi   teks deskripsi
    Mendaftar ciri umum teks   deskripsi    yang mencakup struktur dan kaidah
kebahasaannya.
      Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berke- lompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berda- sarkan   struktur    dan kaidah-kaidahnya.
      Mengidentifikasi
model teks deskripsi lainnya dari berbagai sumber  untuk menentu-kan isi dan ciri-cirinya.
Jenis tes:
1.   Tulis
2.   Lisan

Bentuk tes:
1.   Uraian
2.   Pilihan ganda

Instrumen tes:
1.   Soal
2.   Lembar observasi
3.   Skala penilaian
4.    Portofolio

B.   KELAS VIII

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu               : 6 jam/minggu


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Materi Pembelajaran

Kegiatan
Pembelajaran

Penilaian
3.1 Mengiden- tifikasi unsur-unsur
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca

4.1 Menyim-pulkan isi berita (membanggakan
dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Pengertian         teks berita
     Unsur-unsur berita (5 W +
1H)
         Gagasan
utama       teks berita
     Ringkasan dan penyimpulan berita.
         Langkah-

     Mengamati       teks berita (membanggakan
dan memotivasi), baik yang diperdengarkan
atau ditayangkan.
         Mendiskusikan
hasil     pengamatan dan membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
Jenis tes:
1.   Tulis
2.   Lisan

Bentuk tes:
1.   Uraian
2.   Pilihan ganda

Instrumen tes:
1.   Soal
2.   Lembar observasi
3.   Skala penilaian
4.    Portofolio




langkah menyimpulka
n          pokok- pokok berita.
     Tanggapan terhadap     isi berita.
         Menemukan
gagasan utama teks berita
     Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokok- pokok/unsur-unsur berita
     Merumuskan ringkasan/kesimpul an unsur-unsur teks



C.   KELAS IX

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu               : 6 jam/minggu


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran

Penilaian
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)

4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Pengertian teks laporan
         Fungsi teks laporan
     Isi             informasi laporan percobaan
     Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
     Simpulan      tujuan, bahan/alat, langkah, dan    hasil    dalam laporan   percobaan yang didengar dan/ atau dibaca

     Menjelaskan pengertian,     fungsi, laporan
     Menjelaskan           isi informasi       laporan percobaan
     Membaca             dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan      (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
         Menyimpulkan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Jenis tes:
1.   Tulis
2.   Lisan

Bentuk tes:
1.   Uraian
2.   Pilihan ganda

Instrumen tes:
1.   Soal
2.   Lembar observasi
3.   Skala penilaian
4.    Portofolio



Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA

Popular Posts

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pengikut

Labels

Surya

Recent Posts

Label Cloud

Image (4) Kegiatan (2) Kesiswaan (6) Kurikulum (11) PPDB (2) Program (14)