Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca | Teks deskripsi Pengertian teks deskripsi Isi teks deskripsi Ciri umum teks deskripsi Struktur teks deskripsi Kaidah kebahasaan | Mengamati model-model teks deskripsi Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya |
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis | Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh- contoh telaahannya Prosedur/langkah menulis teks deskripsi Teknik penyuntingan teks deskripsi | Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah- kaidah kebahasaannya Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman |
3.3 Mengidentifikasi unsur- unsur teks narasi (cerita | Pengertian dan contoh- contoh teks narasi (cerita | Mengamati model-model teks narasi |
fantasi) yang dibaca dan didengar 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca | fantasi) Unsur-unsur teks cerita narasi Struktur teks narasi Kaidah kebahasaan teks narasi Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung Penceritaan kembali isi teks narasi | Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi Menceritakan kembali dengan cara naratif |
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa | Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) Kebahasaan teks cerita fantasi Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi Ejaan dan tanda baca Langkah-langkah menulis cerita fantasi | Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ejaan Mengurutkan bagian-bagian cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan karya |
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar | Teks prosedur Ciri umum teks prosedur Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah, Ciri kebahasaan: kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya, dll) Simpulan isi teks prosedur | Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur Mendaftar kalimat yang menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah Mendiskusikan ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, struktur, ragam/jenis teks prosedur, kata/kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/jenis teks prosedur |
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan | Variasi pola penyajian tujuan, bahan/alat | Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian tujuan, bahan dan |
10
sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis | langkah Variasi kalimat perintah/saran/larangan Prinsip penyusunan kalimat perintah Pilihan kata dalam penyusunan teks prosedur Prinsip penggunaan kata/kalimat/tanda baca dan ejaan | alat, langkah teks prosedur Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi • Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/kalimat/paragraf dan penggunaan tanda baca/ejaan • Memublikasikan teks prosedur yang dibuat |
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar | Teks laporan hasil observasi Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO) Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi Ciri umum laporan | Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan observasi. Merinci isi teks LHO (bagian definisi/klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan) Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi |
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan 4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan | Struktur teks LHO Variasi pola penyajian teks LHO Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO | Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian Merangkum teks LHO Mempresentasikan teks LHO yang ditulis |
3.9 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar 4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis | Puisi rakyat Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) Cara menyimpulkan isi pada pantun, gurindam, dan syair | Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan, kalimat majemuk dan kalimat tunggal dalam puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi, ragam/jenis puisi rakyat, kata/kalimat yang digunakan pada puisi rakya (pantun, gurindam, syair) |
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat | Pola pengembangan isi | Menyimpulkan prinsip |
11
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar 4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa | pantun, gurindam, dan syair Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun | pengembangan pantun, gurindam, dan syair, penggunaan konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll) pada pantun, gurindam, dan syair Memvariasikan, melengkapai isi, menurutkan, dan menulis pantun, gurindam, dan syair Mendemonstrasikan berbalas pantun secara berkelompok |
3. 11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar 4. 11 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat | Fabel/legenda Ciri cerita fabel/legenda Langkah memahami isi cerita fabel Langkah menceritakan kembali isi fabel/legenda | Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/legenda Berlatih menceritakan isi fabel/legenda yang dibaca Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca |
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar 4.12 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar | Struktur teks fabel/legenda: 1. orientasi 2. komplikasi 3. resolusi 4. koda Teknik penggambaran tokoh Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat | Mendiskusikan struktur teks fabel/legenda dan kebahasaan yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola pengembangan) Mendata isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi, dialog, penyajian latar agar cerita menjadi lebih menarik Menulis fabel/legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang diperoleh Memerankan dan menceritakan fabel/legenda yang berasal dari daerah setempat |
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar 4. 13 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan | Surat pribadi dan surat dinas Informasi isi surat pribadi, surat dinas Isi surat pribadi dan dinas Simpulan isi surat pribadi dan dinas | Mendata isi surat pribadi dan surat dinas Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas Menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas |
3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar 4. 14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan | Unsur-unsur surat pribadi dan dinas Kebahasaan surat priadi dan dinas Cara menulis surat pribadi dan dinas | Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas |
12
resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi | Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas | |
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.15 Membuat peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca | Literasi buku fiksi dan nonfiksi Unsur-unsur buku Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu 1) Survey atau meninjau, 2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca, 4) Recite atau menuturkan, 5) Review atau mengulang Cara membuat rangkuman | Mendata sub-bab buku Membaca garis besar isi subbab Menentukan gagasan pokok isi buku Membuat peta pikiran isi buku Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang dibaca |
3.16 Menelaah hubungan unsur- unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi 4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca | Hubungan antarunsur buku Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca | Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca |
3.16 Menelaah hubungan unsur- unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi 4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca | Hubungan antarunsur buku Contoh penyusunan tanggapan Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca | Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca |
B. Kelas VIII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritualdan Kompetensi Sikap Sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi unsur- unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca 4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | Pengertian teks berita Unsur-unsur berita (5 W + 1H) Ringkasan dan penyimpulan berita Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita Tanggapan terhadap isi berita | Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita Mendiskusikan langkah- langkah menentukan pokok- pokok/unsur-unsur berita Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur- unsur teks berita yang dibaca Menanggapi berita |
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik) | Struktur teks berita - Kepala berita (lead) - Tubuh berita - Ekor berita Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan) | Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita Mendata objek dari berbagai sumber tentang berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya Membacakan teks berita yang ditulis |
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan | Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster Penyimpulan maksud suatu iklan | Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster |
14
didengar 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber | Menceritakan kembali iklan | Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster |
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis | Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster Cara menyusun teks iklan, slogan, poster | Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/disaksikan Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca 4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca | Pengertian teks eksposisi Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta Pola-pola pengembangan teks eksposisi Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi | Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya Mengakaji hubungan bagian- bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi |
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan | Struktur teks eksposisi Kaidah teks ekposisi Langkah-langkah menyusun teks eksposisi Menyanting teks eksposisi | Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis Menulis teks eksposisi Mempresentasikan teks eksposisi |
3.7 Mengidentifikasi unsur- unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca 4.7 Menyimpulkan unsur- unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca | Pengertian teks puisi Unsur-unsur pembentuk teks puisi Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya Periodesasi puisi (Pengayaan) | Mengamati model-model teks puisi Merumuskan pengertiaan puisi Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenis- jenisnya Mempresentasikan hasil diskusi |
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca 4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun puisi | Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi. Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi) | Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi Menulis puisi berdasarkan konteks Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinya |
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis 4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca | Pengertian teks eksplanasi Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/struktur teks eksplanasi Gagasan umum dalam teks eksplanasi Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya | Mengamati suatu model teks eksplanasi Menyimpulkan pengertian, ciri- ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi Mendata gagasan umum dam teks eksplanasi Meringkas isi teks eksplanasi Memajang ringkasan teks eksplanasi |
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan | Ragam isi teks eksplanasi Struktur teks eksplanasi Kaidah teks eksplanasi Pola-pola pengembangan teks eksplanasi | Mengamati model-model teks eksplanasi Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola yang telah dirancang Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya |
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, | Pengertian teks ulasan Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya Maksud/arti penting teks | Mengamati suatu model teks ulasan Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks |
novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan 4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar | ulasan Kelebihan/kelemahan dalam teks ulasan. | ulasan Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifikasi |
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan | Struktur teks ulasan: 1. orientasi 2. tafsiran 3. rangkuman 4. evaluasi Kaidah kebahasaan teks ulasan Cara menulis teks ulasan | Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda Memajang teks ulasan untuk dikomentari siswa lain (perorangan/kelompok) |
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca 4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca | Pengertian dan is teks persuasi Ajakan-ajakan dalam teks persuasi • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan | Mengamati model-model teks persuasi Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/dibaca dan cara menyajikan ulang isinya Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi |
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber | Struktur dan unsur kebahasa- an teks persuasi Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan) Cara menyajikan teks persuasi Penyiapan bujukan/ajakan Memper-hatikan struktur/kaidah teks ulasan | Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan |
yang didengar dan dibaca 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan | memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis | |
3.15 Mengidentifikasi unsur- unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah 4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar | Pengertian/ karakteris-tik teks drama Unsur-unsur teks drama Penjelasan isi drama Tanggapan atas drama | Memperhatikan suatu model teks drama Merumuskan pengertian/karakteristik drama Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama Mengidentifikasi isi drama Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan/atau tulis isi drama yang ditonton |
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas 4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah | Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal Langkah-langkah pementasan drama | Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya Menulis teks drama Mementaskan drama secara berkelompok |
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca | Literasi buku fiksi dan non fiksi Keragaman informasi dalam buku fiksi/nonfiksi Informasi buku melalui indeks Catatan tentang isi buku Teknik-teknik membaca | Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan nonfiksi Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi |
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis | Ungkapan dalam buku fiksi Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi. Daya tarik bacaan Mendiskusi-kan isi buku. | Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi Membuat tanggapan terhadap buku fiksi Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi |
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritualdan Kompetensi Sikap Sosial dicapaimelalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca | Fungsi teks laporan Pengertian teks laporan Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en) Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca | Menjelaskan isi informasi laporan percobaan Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan |
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 4.2 Menyajikan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan | Struktur teks laporan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan Model teks laporan percobaan | Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan Mendiskusikan komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi) Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat |
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang | Teks pidato persuasif Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam | Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu |
didengar dan dibaca 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca | pidato | Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca 4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan | Struktur teks (pidato persuasif) Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif, kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan Model teks pidato persuasif | Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif Menyimpulkan ciri kebahasaan teks pidato persuasif Menyusun teks pidato persuasif Menyajikan pidato persuasif secara menarik |
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.5 Menyimpulkan unsur- unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar | Unsur pembangun karya sastra (cerpen) Model teks narasi (cerpen) | Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar |
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan | Struktur teks narasi (cerpen) Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas Model teks narasi cerpen | Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan |
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca 4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca | Fungsi teks tanggapan Model teks tanggapan Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian | Mendata informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca Menanggapi isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasional, dll) Menyimpulkan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu |
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca 4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan | Struktur teks tanggapan Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian Model teks tanggapan (puji, kritik) | Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan Merancang teks tanggapan Menulis teks tanggapan (puji, kritik) |
3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar 4 .9 Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca | Fungi teks diskusi Contoh Teks Diskusi Simpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi | Mendata informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar Menjelaskan dan menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi |
3.10 Menelaah pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar 4.10 Menyajikan gagasan/penda-pat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gestur, pelafalan) | Struktur teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan utama; Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang; Gagasan utama—sudut pandang lain; Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain; Kebahasaan: Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotif | Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi Menulis teks diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan Melakukan diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual |
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar 4.11 Menyimpulkan isi ungkapan simpati, | Fungsi teks narasi Model teks narasi cerita inspiratif Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam | Mendata isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar Menanggapi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan alasan yang logis |
kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar | bentuk cerita inspiratif | Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif |
3.12 menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif 4.12 Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan | Struktur teks narasi Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas Model teks narasi cerita inspiratif | Menyimpulkan struktur dan kebahasaan teks narasi cerita inspiratif Membuat rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan Menulis cerita inspiratif berdasarkan rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan Memublikasikan hasil karya cerita inspiratif |
3.13 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.13 Membuat peta pikiran/rangku-man alur tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca | Literasi buku fiksi dan nonfiksi Unsur-unsur buku Cara membaca buku dengan SQ3R Cara membuat rangkuman | Mendata subbab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
3.14 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi 4.14 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca | Hubungan antarunsur buku Contoh penyusunan tanggapan Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca | Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca |
A. KelasVII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 6 jam/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. 4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata,tempat berse-jarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca. | Teks deskripsi Pengertian teks deskripsi Isi teks deskripsi Ciri umum teks deskripsi Struktur teks deskripsi Kaidah kebahasaan (kata umum, kata khusus, makna denotasi konotasi, kata sifat,) | Mengamati model- model teks deskripsi. Merumuskan pengertian dan menjelaskan isi teks deskripsi Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya. Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berke- lompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berda- sarkan struktur dan kaidah-kaidahnya. Mengidentifikasi model teks deskripsi lainnya dari berbagai sumber untuk menentu-kan isi dan ciri-cirinya. | Jenis tes: 1. Tulis 2. Lisan Bentuk tes: 1. Uraian 2. Pilihan ganda Instrumen tes: 1. Soal 2. Lembar observasi 3. Skala penilaian 4. Portofolio |
B. KELAS VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 6 jam/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Mengiden- tifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca 4.1 Menyim-pulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | Pengertian teks berita Unsur-unsur berita (5 W + 1H) Gagasan utama teks berita Ringkasan dan penyimpulan berita. Langkah- | Mengamati teks berita (membanggakan dan memotivasi), baik yang diperdengarkan atau ditayangkan. Mendiskusikan hasil pengamatan dan membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita | Jenis tes: 1. Tulis 2. Lisan Bentuk tes: 1. Uraian 2. Pilihan ganda Instrumen tes: 1. Soal 2. Lembar observasi 3. Skala penilaian 4. Portofolio |
langkah menyimpulka n pokok- pokok berita. Tanggapan terhadap isi berita. | Menemukan gagasan utama teks berita Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokok- pokok/unsur-unsur berita Merumuskan ringkasan/kesimpul an unsur-unsur teks |
C. KELAS IX
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 6 jam/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca | Pengertian teks laporan Fungsi teks laporan Isi informasi laporan percobaan Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca | Menjelaskan pengertian, fungsi, laporan Menjelaskan isi informasi laporan percobaan Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca | Jenis tes: 1. Tulis 2. Lisan Bentuk tes: 1. Uraian 2. Pilihan ganda Instrumen tes: 1. Soal 2. Lembar observasi 3. Skala penilaian 4. Portofolio |
No comments:
Post a Comment