KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
1. Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
1.1 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu 2.1 menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait 3.1 memahami Q.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu 4.1.1 Membaca Q.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil 4.1.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar- Rahmān /55: 33 4.1.3 menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 | Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar- Rahmān /55: 33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu | Menyimak bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Mencermati artiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan Menanyakan cara membaca dan menghafalkan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah Diskusi menyusun arti kataQ.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 menjadi terjemah secara utuh Secara berpasangan membaca dan menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah di dalam mushaf al- Qur’ān Berdiskusi tentang pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari- hari Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Mengklasifikasi lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar- Rahmān /55: 33 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang |
mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah Membuat paparan keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari- hari dengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al- Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Menunjukkan/memaparkan hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Menanggapi paparan makna Q.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al- Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari- haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 Menyusun kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru | ||
1.2 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf. 2.2 menunjukkan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis terkait 3.2 memahami Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf 4.2.1 membaca Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 | Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dan Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf | Menyimak bacaanQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Mencermati arti Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Menanyakan cara membaca dan menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun Diskusi menyusun arti perkata Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 menjadi terjemah secara utuh Secara berpasangan membaca dan |
dengan tartil 4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan lancar 4.2.3 menyajikan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 | menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun di dalam mushaf al-Qur’ān Mengumpulkan informasi mengenai ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai sumber Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Mengidentifikasi dan mengklasifikasi hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh- contoh hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun Membuat paparan hubungan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menanggapi paparan maknaQ.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menyajikan paparan mengenai hubungan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an- Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru | |
1.3 meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan | Al-Asma‘u al- Husna: al-’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan al- Bashir | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt. Menyimak dan mencermati penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt. |
Maha Melihat 2.3 menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir 3.3 memahami makna al- Asma‘u al-Husna: al- ’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan al-Bashir 4.3 menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al- Asma‘u al-Husna: al- ’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan al-Bashir | Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. beserta artinya. Mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt. Mengajukan pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual tentang keimanan kepada Allah Swt. Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah Swt. Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan al-Asma‘u al-Husna: al- ’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir Mendiskusikan makna al-Asma‘u al- Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir Menghubungkan makna dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari Menghubungkan makna al-Asma‘u al- Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan contoh perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari Menyajikan paparan tentang makna al- Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari. Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang al- Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. Menyusun kesimpulan | |
1.4 beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. 2.4 menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat 3.4 memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli 4.4 menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt. | Iman kepada Malaikat Allah Swt. | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah Swt. Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada malaikat Allah Swt. Membaca dalil naqli tentang iman kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya Mengajukan pertanyaan tentang malaikat Allah, atau pertanyaan lain yang relevan Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari Mencari dalil naqli yang menjelaskan |
- 14 -
iman kepada malaikat Allah Swt. Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt. Mendiskusikan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Menghubungkan tugas para malaikat dengan fenomena kehidupan sehari-hari Merumuskan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari Menyajikan paparan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari Menyajikan paparan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki Menyusun kesimpulan | ||
1.5 meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama. 2.5 menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari. 3.5 memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah. 4.5 menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah. | Jujur, amanah, istiqamah sesuai dengan Q.S. al- Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait. | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah, dan istiqamah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah Membaca Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait dengan artinya Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur, amanah, dan istiqamah Merumuskan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q Q.S. al- Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait Menghubungkan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan |
contoh nyata dalam kehidupan sehari- hari Memaparkan makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q.S. al- Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait Memaparkan hubungan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari Menyajikan penerapan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah melalui demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan Menyusun kesimpulan | ||
1.6 menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama 2.6 menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari 3.6 memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama 4.6 menyajikan makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama | Empati, terhadap sesama, hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru. | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan empati, hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari- hari Menyimak dan membaca penjelasan mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari- hari Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru, atau pertanyaan lain yang relevan Secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru di sekolah dan di masyarakat Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang manfaat yang diperoleh dari sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari Merumuskan makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru Menghubungkan dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari Memaparkan makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru Memaparkan hubungan dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan kenyataan dalam |
kehidupan sehari-hari Menyajikan penerapan perilaku empati, hormat kepada kedua orang tua dan guru melalui demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan Menyusun kesimpulan | ||
1.7 menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam 2.7 menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam 3.7 memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam 4.7 menyajikan cara bersuci dari hadas besar | Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Secara berkelompok mencari data dan informasi untuk menjawab permasalahan yang terkait dengan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mengembangkan paparan mengenai ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Berlatih mempraktikkan/ menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Merumuskan ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Merumuskan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Menyajikan paparan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar |
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | ||
1.8 menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam 2.8 menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah 3.8 memahami ketentuan salat berjamaah 4.8 Mempraktikkan salat berjamaah | Salat berjamaah | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat berjamaah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat berjamaah Membaca dalil naqli mengenaisalat berjamaah Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat berjamaah Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat berjamaah Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah Berlatih mempraktikkan salat berjamaah Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah menjadi paparan yang menarik Merumuskan prosedur praktik salat berjamaah Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah Mendemonstrasikan praktik salat berjamaah Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan |
1.9 menunaikan salat Jum’at sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah 2.9 menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jum’at 3.9 memahami ketentuan salat Jum’at 4.9 mempraktikkan salat | Ketentuan Salat Jum’at | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat Jum’at Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat Jum’at Membaca dalil naqli mengenai salat Jum’at Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat Jum’at Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat Jum’at Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, |
Jum’at | tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at Berlatih mempraktikkan salat Jum’at Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangansalat Jum’at menjadi paparan yang menarik Merumuskan prosedur praktik salat Jum’at Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at Mendemonstrasikan praktik salat Jum’at Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | |
1.10 menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah 2.10 menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar. 3.10 memahami ketentuan salat jamak qasar 4.10 mempraktikkan salat jamak dan qasar | Ketentuan Salat jamak qasar | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat jamak qasar Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat jamak qasar Membaca dalil naqli mengenai salat jamak qasar Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan salat jamak qasar Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat jamak qasar Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmah salat jamak qasar Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmah jamak qasar Berlatih mempraktikkan salat jamak qasar Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmahsalat jamak qasar menjadi paparan yang menarik Merumuskan prosedur praktik salat jamak qasar Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan hikmah salat jamak qasar Mendemonstrasikan praktik salat jamak qasar |
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | ||
1.11menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt 2.11meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah 3.11 memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah 4.11menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Makkah | Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Makkah | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah Mengajukan pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Makkah sebelum datangnya nabi Muhammad saw. Mengajukan pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad saw. menjadi rasul atau pertanyaan lain yang relevan Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa kelahiran Nabi Muhammad saw. Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi rasul Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad Saw. berdakwah di Makkah Mendiskusikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah Menghubungkan antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam bentuk diagram alur Merumuskan strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode Makkah Menyajikan paparan diagram alur sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah Menyajikan paparan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah Menanggapi pertanyaan Menyusun kesimpulan |
1.12 menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt. 2.12 meneladani perjuangan Nabi | Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah |
Menyusun kesimpulan | ||
1.13 menghayati perjuangan dan kepribadian al- Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt. 2.13 meneladani perilaku terpuji al-Khulafa al- Rasyidun. 3.13 memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al- Khulafa al-Rasyidun. 4.13 menyajikan strategi perjuangan dan kepribadian al- Khulafa al-Rasyidun. | Sikap terpuji al-Khulafa al- Rasyidun | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan al-Khulafa al- Rasyidun Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sikap terpujial-Khulafa al- Rasyidun Mengajukan pertanyaan mengenai sikap yang dimiliki oleh al-Khulafa al- Rasyidun Mengajukan pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan al-Khulafa al- Rasyidun atau pertanyaan lain yang relevan Mengumpulkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun Mengumpulkan informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun Mendiskusikan strategi perjuangan al- Khulafa al-Rasyidun Menghubungkan data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk diagram alur Mengolah informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan Merumuskan strategi perjuangan al- Khulafa al-Rasyidun Menyajikan perkembangan Islam pada masa kepemimpinan Khulafaurrasyidin berupa diagram alur yang memuat waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh Menyajikan informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan Memaparkan strategi perjuangan al- Khulafa al-Rasyidun Menanggapi pertanyaan Menyusun kesimpulan |
1.1 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama 2.1 menunjukkan perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait 3.1 memahami Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana 4.1.1 membacaQ.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil. 4.1.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan lancar. 4.1.3 menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 | Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana | Menyimak bacaan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Mencermati artiQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan mad Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan mad Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafal yang mengandung hukum bacaan mad di dalam mushaf al- Qur’an Diskusi menyusun arti kataQ.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 menjadi terjemah secara utuh. Secara berpasangan membaca dan menghafalkan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan mad Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Mengidentifikasi dan mengklasifikasi lafal yang mengandung hukum bacaan madyang terdapat pada Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menanggapi paparan maknaQ.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru |
1.2 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah memerintahkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi | Q.S. an-Nahl/16: 114dan Hadis terkait tentang perilaku perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi | Mencermati bacaan Q.S. an-Nahl/16: 114 Menyimak Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam |
2.2 terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi pemahaman Q.S. an- Nahl/16: 114 dan Hadis terkait. 3.2 memahamiQ.S. an- Nahl/16: 114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 . membacaQ.S. an- Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan tartil. 4.2.2menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/ 16: 114 serta Hadis terkait 4.2.3menyajikan keterkaitan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan Q.S. an- Nahl/ 16: 114 | jalalah dan ra Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan Mengajukan pertanyaan mengenai hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra di dalam mushaf al- Qur’an Diskusi menyusun arti kataQ.S. an- Nahl/ 16: 114. menjadi terjemah secara utuh Secara berpasangan membaca dan menghafalkanQ.S. an-Nahl/ 16: 114 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafaz yang mengandung bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan ra Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penerjemahan. Mengidentifikasi dan mengklasifikasi lafal yang mengandung hukum bacaan mim sukun yang terdapat pada Q.S. an- Nahl/ 16: 114 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an- Nahl/ 16: 114 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lam jalalah dan radalam Q.S. an-Nahl/ 16: 114 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi makna Q.S. an-Nahl/ 16: 114 Menanggapi paparan maknaQ.S. an- Nahl/ 16: 114 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru | |
1.3 beriman kepada kitab- kitab suci yang diturunkan Allah Swt. 2.3 menunjukkan perilaku toleran sebagai implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. 3.3 memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. | Iman Kepada Kitab-kitab Allah | Mengamati dan mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah Menyimak dan membaca penjelasan iman kepada kitab-kitab Allah Membaca dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya Siswa mengajukan pertanyaan mengenai perbedaan/persamaan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi dan rasul-Nya |
4.3 menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. | Menggali pengetahuan tentang kitab- kitab Allah melalui berbagai media yang ada Mencari dan menelaah dalil naqli tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-Qur’an Mengumpulkan informasi dari media mengenai bukti-bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah Mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah Menghubungkan makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah dengan bukti- bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah Merumuskan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah Menyajikan paparan makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah disertai bukti- bukti lain yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah mulai Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’an Memaparkan rumusan ciri-ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah | |
1.4 beriman kepada Rasul- rasul Allah Swt. 2.4 menunjukkan perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada Rasul Allah Swt. 3.4 memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt. 4.4 menyajikan dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah Swt. | Iman kepada Nabi dan Rasul | Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi iman kepada nabi dan rasul Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada nabi dan rasul Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada nabi dan rasul Mencermati dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah Swt. Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang iman kepada nabi dan rasul Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi Menggali informasi sejarah perjuangan dan ajaran para nabi dan rasul melalui berbagai sumber Secara berkelompok mendiskusikan tugas para nabi dan rasul Secara berkelompok mendiskusikan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi Menghubungkan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya |
Merumuskan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya Menyimpulkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi Menyajikan paparan mengenai hubungan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya Memaparkan rumusan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya Memaparkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi | ||
1.5 meyakini bahwa minuman keras, judi, dan pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt. 2.5 menunjukkan perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari. 3.5 memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran. 4.5 menyajikan dampak bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran. | Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran Menyimak dan membaca penjelasan mengenai bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran Membaca Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait beserta artinya Mengajukan pertanyaan tentang bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaranatau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Mendiskusikan makna Q.S. al- Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait Secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber Merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait Menghubungkan bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait Menyajikan rumusan makna Q.S. al- Māidah/5: 90–91 dan 32 serta hadis terkait Memaparkan hubungan antara bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dengan makna Q.S. al- Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan |
Menyusun kesimpulan | ||
1.6 meyakini bahwa perilaku jujur dan adil adalah ajaran pokok agama 2.6 menunjukkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari 3.6 memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil 4.6 menyajikan cara menerapkan perilaku jujur dan adil | Jujur dan adil | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur dan adil Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur dan adil Membaca Q.S.al-Māidah/5: 8 dan Hadis terkait Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur dan adil Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur dan adil atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Mendiskusikan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait Secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata jujurdan adil dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber Mencari data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur dan adil Merumuskan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait Menghubungkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait Menghubungkan perilaku jujur dan adil dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Memaparkan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait Memaparkan hubungan antara jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait Memaparkan hubungan perilaku jujur dan adil dengan kesuksesan seseorang dalam kehidupan sehari-hari Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan Menyusun kesimpulan |
1.7 menghayati ajaran berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru adalah perintah agama. 2.7 menunjukkan perilaku | Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru Menyimak dan membaca penjelasan mengenai berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru |
berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari. 3.7 memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru. 4.7 menyajikan cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. | Membaca Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait Mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Mendiskusikan makna Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait Secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber Mencari data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru Menghubungkan perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait Memaparkan hubungan antara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari- hari dengan makna Q.S. an-Nisā/4: 36 dan Hadis terkait Mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan Menyusun kesimpulan | |
1.8 meyakini bahwa beramal saleh dan berbaik sangka adalah ajaran pokok agama 2.8 memiliki sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama 3.8 memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama 4.8 menyajikan contoh perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka | Gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama | mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari. menyimak dan membaca penjelasan mengenai gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari membaca Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama mengajukan pertanyaan mengenai manfaat sikap gemar beramal saleh dan |
- 29 -
kepada sesama | berbaik sangka kepada sesama mendiskusikan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan hadis terkait secara berkelompok mencari contoh- contoh nyata sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama di sekolah dan di masyarakat mendiskusikan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari mendiskusikan dan merumuskan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan hadis terkait. menghubungkan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al- Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait merumuskan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari memaparkan rumusan makna Q.S. al- ’Asr/ 103: 2-3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait memaparkan hubungan sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari- hari dengan makna Q.S. al-’Asr/ 103: 2- 3, Q.S. al-Hujurāt/ 49: 12 dan Hadis terkait memaparkan pentingnya perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama memaparkan manfaat yang ditimbulkan oleh sikap gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan menyusun kesimpulan | |
1.9 melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama. 2.9 menunjukkan perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi pemahaman salat sunah berjamaah dan | Salat Sunah berjamaah dan munfarid | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat sunah berjamaah dan munfarid Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid Membaca dan mencermati dalil naqli tentang tatacara salat sunah berjamaah |
munfarid. 3.9 memahami tata cara salat sunah berjamaah dan munfarid. 4.9 mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid. | dan munfarid beserta artinya Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang terkait dengan ibadah salat sunah berjamaah dan munfarid Mengajukan pertanyaan tentang tatacara salat sunah berjamaah dan munfarid beserta artinya Mengajukan pertanyaan mengenai pentingnya salat sunah yang dilakukan baik secara berjamaah maupun munfarid Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid dari berbagai media/literatur Mengumpulkan dan mengelompokkan macam-macam salat sunah yang dikerjakan secara berjamaah maupun munfarid Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid Berlatih mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid menjadi paparan yang menarik Merumuskan prosedur praktik salat sunah berjamaah dan munfarid Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat salat sunah berjamaah dan munfarid Mendemonstrasikan praktik salat sunah berjamaah dan munfarid Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | |
1.10 melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama. 2.10 menunjukkan perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi. 3.10 memahami tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi. | Macam-macam Sujud | Menonton dan mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan tatacara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mengamati secara langsung praktik tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mencermati, menyimak, dan membaca kembali penjelasan tentang tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mencermati dan membaca dalil naqli mengenai sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi |
4.10 mempraktikkan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi | Mengajukan pertanyaan tentang sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mengajukan pertanyaan terkait dengan tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Secara berkelompok menggali informasi tentang tatacara pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwidari berbagai sumber Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Berlatih mempraktikkan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwimenjadi paparan yang menarik Merumuskan prosedur praktik pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, dan manfaat sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | |
1.11 menjalankan puasa wajib dan sunah sebagai perintah agama 2.11 menunjukkan perilaku empati sebagai implementasi puasa wajib dan sunah 3.11 memahami tata cara puasa wajib dan sunah 4.11 menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah | Puasa Sunah dan Puasa Wajib | Membaca literatur yang menyajikan materi tentang puasa sunah dan puasa wajib Mengamati gambar atau tayangan yang terkait puasa wajib dan puasa sunah melalui berbagai sumber dan media Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketetuan puasa wajib dan puasa sunah Mencermati dan membaca dalil naqli puasa wajib dan puasa sunah Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang puasa wajib Mengajukan pertanyaan tentang puasa sunah Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajibdan puasa sunah Mendiskusikan dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa |
wajib dan puasa sunah Mendiskusikan hikmah puasa wajib dan puasa sunah Mengolah informasi mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah menjadi paparan yang menarik Merumuskan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah Merumuskan hubungan antara ibadah puasa dengan manfaat dan hikmahnya Menyajikan paparan mengenai dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan puasa wajib dan puasa sunah Memaparkan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah Memaparkan hubungan antara ibadah puasa dengan manfaat dan hikmahnya Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | ||
1.12 meyakini ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al- Qur’ān dan Hadis 2.12 menunjukkan perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman halal 3.12 memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al- Qur’ān dan Hadis 4.12 menyajikan hikmah mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan dengan al- Qur’ān dan Hadis | Makanan dan minuman yang halal dan haram | Membaca dan mencermati teks yang menyajikan materi tentang makanan dan minuman yang halal dan haram Mencermati gambar atau tayangan yang terkait makanan dan minuman yang halal dan haram Menyimak dan membaca penjelasan mengenai makanan dan minuman yang halal dan haram Mencermati dan membaca dalil naqli tentang makanan dan minuman yang halal dan haram Mengajukan pertanyaan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram Mengajukan pertanyaan tentang kriteria dan jenis makanan yang diharamkan Mengajukan pertanyaan tentang kriteria dan jenis minuman yang diharamkan. Secara berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan Mendiskusikan skema tentang jenis- jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan Mendiskusikan manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman |
yang halal Mendiskusikan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan Mengolah data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan menjadi paparan yang menarik Merumuskan skema tentang jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan Merumuskanmanfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal Merumuskan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan Memaparkan data dan informasi tentang dalil naqli dan ketentuan mengenai makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan Memaparkan skema tentang jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan yang diharamkan Memaparkan manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang halal Memaparkan bahaya dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan Menanggapi pertanyaan dalam diskusi. Merumuskan kesimpulan | ||
1.13 meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar. 2.13 menunjukkani perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah. 3.13 memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah. 4.13menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan | Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada masa Umayah | Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah Menyaksikan film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah. Mengajukan pertanyaan tentang faktor- faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah Secara berkelompok mengumpulkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan |
pada masa Bani Umayah | pada masa Umayah Mendiskusikan karya dan kiprah tokoh- tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah Mengolah data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah menjadi paparan yang menarik Merumuskan karyadan kiprah tokoh- tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah Memaparkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umaya Memaparkan karya dan kiprah tokoh- tokoh ilmuwan muslim pada masa Umayah Menanggapi pertanyaan dalam diskusi. Merumuskan kesimpulan | |
1.14 meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar 2.14 menunjukkan perilaku gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah 3.14 memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah 4.14 menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah | Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan masa Abbasiyah | Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Menyaksikan film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Mengajukan pertanyaan tentang faktor- faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Secara berkelompok mengumpulkan data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah Mendiskusikan karya dan kiprah tokoh- tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyah Mengolah data dan informasi mengenai bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah menjadi paparan yang menarik Merumuskan karyadan kiprah tokoh- tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyah Memaparkan data dan informasi |
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran |
1.1 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama. 2.1 menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dan Hadis terkait. 3.1 memahami Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait. 4.1.1 membaca Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dengan tartil. 4.1.2 menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39- 42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta Hadis terkait dengan lancar. 4.1.3 menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. | 1. Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait | Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji al Qur’an Menyimak dan membaca Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39- 42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan qalqalah Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan qalqalah Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an Diskusi menyusun arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh Secara berpasangan menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan qalqalah Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. |
- 36 -
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 | Áli Imrān/3: 159 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 Menanggapi paparan maknaQ.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39- 42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 Menyusun kesimpulan makna ayat denganbimbingan guru | |
1.2 terbiasa membaca al- Qur’ān dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama. 2.2 menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Hujurāt/49: 13 dan Hadis terkait. 3.2 memahami Q.S. al- Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait. 4.2.1 membaca Q.S. al- Hujurāt/49: 13 dengan tartil. 4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Hujurāt/49: 13 serta Hadis terkait dengan lancar. 4.2.3 menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan Q.S. al- Hujurāt/49: 13. | Q.S. al-Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Haditst terkait | Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji Al Qur’an Menyimak dan membaca Q.S. al- Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan Menyimak penjelasan tentang tanda waqa Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar tanda waqaf, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual Mengajukan pertanyaan mengenai pengaruh tanda waqaf terhadap arti atau makna suatu ayat Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an Diskusi menyusun arti perkata Q.S. al-Hujurāt/49: 13 menjadi terjemah secara utuh Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al-Hujurāt/49: 13 Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh tanda waqaf Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujurāt/49: 13 Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujurāt/49: 13 |
- 37 -
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al- Hujurāt/49: 13 Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al- Hujurāt/49: 13 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Hujurāt/49: 13 Menanggapi paparan maknaQ.S. al- Hujurāt/49: 13 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru | ||
1.3 beriman kepada hari akhir. 2.3 menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada Hari Akhir 3.3 memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan- Nya 4.3 menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir | Beriman kepada hari akhir. | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada hari akhir Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada hari akhir Membaca dalil naqli tentang hari akhir beserta artinya Mengajukan pertanyaan tentang kiamat sugro dan kubro Mengajukan pertanyaan mengenai gambaran kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual Mencari dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku mawas diri manusia yang mencerminkan beriman kepada hari akhir Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tidak mawas diri yang mencerminkan tidak beriman kepada hari akhir Menghubungkan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari Merumuskan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhir Menyajikan paparan hubungan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari- hari Menyajikan paparan diagram alur kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat Menyajikan paparan hubungan antara sikap mawas diri saat di |
- 38 -
dunia dengan kehidupan seseorang di akhirat Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan atau diagram Menyusun kesimpulan | ||
1.4 beriman kepada qadha dan qadar 2.4 menunjukkan perilaku tawakal kepada Allah Swt. sebagai implementasi pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar 3.4 memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya 4.4 menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar | Beriman kepada Qadha dan Qadar | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Qadha dan Qadar Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar Membaca dalil naqli tentang Qadha dan Qadar beserta artinya Mengajukan pertanyaan tentang takdir muallaq dan mubram. Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada Qadha dan Qadar dalam kehidupan shari-hari Mencari dalil naqli yang menjelaskan Qadha dan Qadar Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang Mencari hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki Menyusun kesimpulan |
1.5 meyakini bahwa jujur | Perilaku Jujur dan | Mengamati dan memberi komentar |
negatif yang ditimbulkannya Memaparkan dampak jujur dan menepati janji dengan Q.S. Ali Imrān/3: 77, Q.S. al-Ahzāb/33: 70 dan Hadits terkait Menyusun kesimpulan tentang manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan | ||
1.6 meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama. 2.6 menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari. 3.6 memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru. 4.6 menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru. | Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isrā/17: 23 dan Q.S. Luqmān/ 31: 14 dan Hadits terkait Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki diagram atau laporan Menyusun kesimpulan |
1.7 meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama 2.7 menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu. 3.7 memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu. 4.7 menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu. | Tata krama, sopan santun, dan rasa malu | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu atau pertanyaan lain yang relevan Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
hemat, dan hidup sederhana 4.1.1 membacaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil. 4.1.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan lancar. 4.1.3 menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 | pengumpulan lafal yang mengandung bacaan mad Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Mengidentifikasi dan mengklasifikasi lafal yang mengandung hukum bacaan madyang terdapat pada Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al- Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru | hidup sederhana dengan lembar penilaian antarteman. Pengetahuan Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna Q.S. al- Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17: 27 serta hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana. Tugas mencari dan mengklasifikasi hukum bacaan mad. Keterampilan Praktik hafalan Q.S. al- Q.S. al- Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17: 27 . Praktik memaparkan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al-Isra’/ 17: 27 . Proyek/produk paparan makna Q.S. al-Furqan/ 25: 63 dan al- Isra’/ 17: 27 . Portofolio |
C. Kelas IX
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
1.10 menjalankan ketentuan syariat Islam dalam penyembelihan hewan. 2.10menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi pemahaman ajaran penyembelihan hewan. 3.10memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam. 4.10memperagakan tata cara penyembelihan hewan. | Ketentuan Penyembeliha n hewan | Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan penyembelihan hewan Menyimak dan membaca penjelasan mengenai penyembelihan hewan Membaca dalil naqli mengenai penyembelihan hewan Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan penyembelihan hewan Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara penyembelihan hewan Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang pelaksanaan penyembelihan hewan dari media cetak atau elektronik Mendiakusian manfaat penyembelihan hewan melalui data-data dan informasi dari media cetak atau elektronik Mendiskusikan kendala pelaksanaan penyembelihan hewan berdasarkan data-data dan informasi dari media cetak atau elektronik Membuat analisis berbentuk diagram alur proses penyediaan daging yang halal untuk dikonsumsi dari peternak, disembelih, dijualnya daging di pasaran sampai dinikmati oleh konsumen | Sikap Observasi sikap dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran ketentuan penyembeliha n hewan dalam Islam, serta kebiasaan hidup peduli kepada sesama dan lingkungan dengan menggunakan lembar observasi. Penilaian diri dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran ketentuan penyembeliha n hewan dalam Islam, serta kebiasaan hidup peduli kepada sesama dan lingkungan dengan menggunakan lembar penilaian diri. Penilaian antarteman dalam menghargai, menghayati, |
- 52 -
Membuat analisis berbentuk diagram alur proses penyembelihan hewan sampai disajikan dalam bentuk matang Merumuskan pemecahan masalah yang menjadi kendala pelaksanaan penyembelihan hewan Merumuskan hikmah dan manfaat pelaksanaan penyembelihan hewan Mendemonstrasikan praktik menyembelih hewan untuk keperluan dikonsumsi Menyajikan paparan bagan alur pelaksanaan penyembelihan hewan Menyajikan paparan rumusan pemecahan masalah yang menjadi kendala pelaksanaan penyembelihan hewan Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat pelaksanaan penyembelihan hewan Menanggapi pertanyaan dalam diskusi Merumuskan kesimpulan | dan mengamalkan ajaran ketentuan penyembeliha n hewan dalam Islam, serta kebiasaan hidup peduli kepada sesama dan lingkungan dengan menggunakan lembar penilaian antarteman. Pengetahuan Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan ketentuan penyembeliha n hewan dalam Islam. Keterampilan Praktik penyembeliha n hewan dalam Islam. Praktik memaparkan tentang dalil naqli, ketentuan penyembeliha n hewan dalam Islam Proyek/produ k paparan tentang dalil naqli, |
No comments:
Post a Comment