Sosialisasi Pengaruh Bullying Terhadap Perilaku Anak

Maraknya kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada anak-anak usia sekolah saat ini sangat memprihatinkan bagi pendidik dan orangtua. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat bagi anak menimba ilmu serta membantu membentuk karakter pribadi yang positif ternyata malah menjadi tempat tumbuh suburnya praktek-praktek bullying, sehingga memberikan ketakutan bagi anak untuk memasukinya. Perilaku bullying kurang begitu diperhatikan, karena dianggap tidak memiliki pengaruh yang besar pada peserta didik. 
Penelitian Sejiwa (2008) menyebutkan bahwa sebagian kecil guru (27%) menganggap bullying merupakan perilaku normal dan sebagian besar guru (73%) menganggap bullying sebagai perilaku yang membahayakn peserta didik. Hal tersebut tidak bisa dianggap normal karena peserta didik tidak dapat belajar apabila peserta didik berada dalam keadaan tertekan, terancam, dan ada yang menindasnya setiap hari.
Perilaku bullying paling sering terjadi pada masa-masa sekolah menengah pertama, dikarenakan pada masa ini remaja memiliki egosentrisme yang tinggi. Adapun bentuk-bentuk bullying yang pernah terjadi antara lain seperti menyuruh push up, membentak, memelototi, memalak, mengejek dan yang paling ekstrim adalah pemukulan. 
Adanya ketimpangan atau ketidakseimbangan kekuatan baik fisik maupun mental menjadi penyebab terjadi perilaku bullying di sekolah. Beberapa faktor diyakini menjadi penyebab terjadinya perilaku bullying di sekolah, antara lain adalah faktor sosial ekonomi, perbedaan fisik yang mencolok, dan perbuatan masa lalu yang dialami peserta didik di masa lalu
Berikut beberapa Photo Kegiatan yang dilaksanakan di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya dalam rangak mensosialisasikan Dampak Bullying terhadap Psikologis Anak yang dilaksanakan di Bulan Pebruari 2020 kemarin


Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA

Popular Posts

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pengikut

Labels

Surya

Recent Posts

Label Cloud

Image (4) Kegiatan (2) Kesiswaan (6) Kurikulum (11) PPDB (2) Program (14)